Samsung Galaxy A30 memiliki beberapa spesifikasi perangkat keras yang mengesankan dikelasnya. Samsung A30 menggunakan Android terbaru dengan antarmuka pengguna baru dari Samsung. Tidak perlu diragukan tentang performa, Samsung A30 bekerja tanpa hambatan, tetapi tetap saja masalah terjadi pada beberapa pengguna yang mengalami Samsung Galaxy A30 mereka membeku, tidak merespon atau ngehang. 

Jadi, dalam panduan ini, kami akan membimbing Anda untuk mengatasi masalah Samsung Galaxy A30 tidak merespon, ngehang dan membeku. Kami akan mencoba beberapa metode untuk mengatasi permasalahan ini dan mudah-mudahan saja dari metode yang kami berikan di bawah ini, salah satunya bisa menjadi solusi buat permasalahan pada perangkat Anda.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Tidak Merespon, Membeku atau Ngehang
Cara Mengatasi Samsung A30 Tidak Merespon Ngehang
1. Paksa restart Samsung A30 Anda

Pertaka yang mesti dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan reboot paksa. Ini dilakukan untuk menyegarkan semua sistem pada ponsel Anda. Jika masalah ini terjadi karena masalah firmware kecil, maka Anda bisa mengatasinya dengan solusi pertama ini.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan belum merilisnya.
  • Sambil menahan tombol volume, tekan dan tahan juga tombol Power.
  • Tahan kedua tombol bersama-sama selama 15 detik atau hingga logo Galaxy A30 muncul di layar.
  • Setelah ponsel Anda selesai reboot, gunakan seperti biasa untuk mengetahui apakah ponsel Anda tetap beku. Jika ya, lanjutkan ke solusi berikutnya.
2. Masuk ke Mode Aman Samsung A30

Terkadang masalah Samsung Galaxy A30 membeku, tidak responsife atau ngehang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Anda harus mengetahui apakah itu masalahnya karena jika ya, maka solusinya mudah Anda temukan. Maka masuk ke Mode Aman di Samsung A30 untuk menonaktifkan dulu semua aplikasi. Berikut ini caranya Anda masuk ke Mode Aman Samsung A30:
  • Tekan dan tahan tombol Daya hingga opsi muncul.
  • Ketuk dan tahan opsi Matikan hingga berubah ke Mode Aman.
  • Ketuk ikon Safe mode untuk memulai ulang perangkat Anda.
  • Setelah reboot berhasil, Anda akan melihat mode Safe mode ’di sudut kiri bawah layar.
  • Jika ponsel berfungsi dengan baik saat dalam safe mode, berarti ada aplikasi yang menyebabkan masalah. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyelidiki lebih lanjut:
  • Nyalakan kembali ponsel Anda secara normal untuk mem-boot ke mode standar.
  • Ingat aplikasi yang Anda instal tentang waktu ketika ponsel mulai membeku.
  • Setelah Anda memiliki aplikasi dalam pikiran, geser ke bawah dari atas layar untuk menarik panel notifikasi ke bawah.
  • Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Gulir ke lalu ketuk Aplikasi.
  • Temukan dan ketuk aplikasi yang dicurigai.
  • Ketuk Penyimpanan.
  • Sentuh Hapus data dan ketuk OK untuk mengonfirmasi.
  • Ketuk tombol kembali sekali dan kemudian sentuh Uninstall.
  • Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus aplikasi dari ponsel Anda.
Di sisi lain, jika perangkat Anda tetap beku bahkan dalam mode aman, maka beralih ke solusi berikutnya.

3. Reset semua pengaturan Samsung A30

Sebelum memecahkan masalah firmware, singkirkan kemungkinan bahwa masalah ini hanya disebabkan oleh beberapa pengaturan yang salah. Untuk melakukan ini, Anda harus mengatur ulang semua pengaturan di perangkat Anda. Ini akan mengembalikan ponsel ke pengaturan default pabrik tanpa menghapus file dan data pribadi Anda. Inilah cara melakukannya di Galaxy A30 Anda:
  • Geser ke bawah dari atas layar untuk menarik panel notifikasi ke bawah.
  • Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Gulir ke dan ketuk Manajemen umum.
  • Sentuh Reset.
  • Ketuk Atur ulang pengaturan.
  • Ketuk tombol Reset pengaturan.
  • Jika diminta, masukkan PIN, Kata Sandi atau Pola Anda.
Akhirnya, ketuk Atur Ulang.

Setelah ini dan telepon Anda tetap beku, lanjutkan ke solusi berikutnya.

4. Hapus partisi cache untuk memperbaiki ponsel yang terus beku

Dengan menghapus partisi cache telepon Anda, Anda mengesampingkan kemungkinan bahwa masalah ini disebabkan oleh beberapa cache sistem yang rusak. Cache sistem terdiri dari ratusan file kecil yang digunakan oleh firmware untuk membuat ponsel Anda berjalan lancar setelah boot pertama. Namun, ada saat file-file ini rusak. Anda perlu menghapus cache lama sehingga akan diganti dengan yang baru. Inilah cara Anda melakukannya:
  • Matikan perangkat.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan Daya.
  • Saat logo Galaxy A10 muncul, lepaskan ketiga kunci.
  • Galaxy A10 Anda akan terus boot ke Mode Pemulihan. Setelah Anda melihat layar hitam dengan teks biru dan kuning, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tekan tombol Volume turun beberapa kali untuk menyorot menghapus partisi cache.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Tekan tombol Volume turun untuk menyorot ya, dan tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Ketika partisi cache dihapus, sistem Reboot sekarang disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memulai ulang perangkat.
  • Setelah ponsel berhasil reboot, coba lihat apakah ponsel Anda tetap beku dan jika demikian, maka solusi selanjutnya perlu dilakukan.
5 Cadangkan file Anda dan reset ponsel Anda

Master reset akan memperbaiki masalah firmware asalkan firmware belum dimodifikasi dengan cara apa pun. Sebelum reset, pastikan untuk membuat salinan file dan data penting Anda karena akan dihapus dan Anda mungkin tidak dapat memulihkannya setelah itu. Setelah pencadangan, hapus akun Google dan Samsung Anda lalu ikuti langkah-langkah ini:

Matikan perangkat.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan Daya.
  • Saat logo Galaxy A10 muncul, lepaskan ketiga kunci.
  • Galaxy A10 Anda akan terus boot ke Mode Pemulihan. Setelah Anda melihat layar hitam dengan teks biru dan kuning, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tekan tombol Volume bawah beberapa kali untuk menyoroti ‘Delete data / factory reset'.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Tekan tombol Volume turun sampai ‘Ya’ disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih dan memulai reset master.
  • Ketika master reset selesai, 'Reboot sistem sekarang' disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memulai ulang perangkat.
Kami berharap panduan ini bisa bermanfaat untuk Anda agar permasalahan Samsung A30 tidak responsive, ngehang atau membeku. Kami akan sangat menghargai Anda jika Anda bagikan panduan bermanfaat ini ke teman dan keluarga Anda lewat media sosial.

Cara Mengatasi Samsung A30 Tidak Merespon Ngehang


Samsung Galaxy A30 memiliki beberapa spesifikasi perangkat keras yang mengesankan dikelasnya. Samsung A30 menggunakan Android terbaru dengan antarmuka pengguna baru dari Samsung. Tidak perlu diragukan tentang performa, Samsung A30 bekerja tanpa hambatan, tetapi tetap saja masalah terjadi pada beberapa pengguna yang mengalami Samsung Galaxy A30 mereka membeku, tidak merespon atau ngehang. 

Jadi, dalam panduan ini, kami akan membimbing Anda untuk mengatasi masalah Samsung Galaxy A30 tidak merespon, ngehang dan membeku. Kami akan mencoba beberapa metode untuk mengatasi permasalahan ini dan mudah-mudahan saja dari metode yang kami berikan di bawah ini, salah satunya bisa menjadi solusi buat permasalahan pada perangkat Anda.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy A30 Tidak Merespon, Membeku atau Ngehang
Cara Mengatasi Samsung A30 Tidak Merespon Ngehang
1. Paksa restart Samsung A30 Anda

Pertaka yang mesti dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan reboot paksa. Ini dilakukan untuk menyegarkan semua sistem pada ponsel Anda. Jika masalah ini terjadi karena masalah firmware kecil, maka Anda bisa mengatasinya dengan solusi pertama ini.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan belum merilisnya.
  • Sambil menahan tombol volume, tekan dan tahan juga tombol Power.
  • Tahan kedua tombol bersama-sama selama 15 detik atau hingga logo Galaxy A30 muncul di layar.
  • Setelah ponsel Anda selesai reboot, gunakan seperti biasa untuk mengetahui apakah ponsel Anda tetap beku. Jika ya, lanjutkan ke solusi berikutnya.
2. Masuk ke Mode Aman Samsung A30

Terkadang masalah Samsung Galaxy A30 membeku, tidak responsife atau ngehang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Anda harus mengetahui apakah itu masalahnya karena jika ya, maka solusinya mudah Anda temukan. Maka masuk ke Mode Aman di Samsung A30 untuk menonaktifkan dulu semua aplikasi. Berikut ini caranya Anda masuk ke Mode Aman Samsung A30:
  • Tekan dan tahan tombol Daya hingga opsi muncul.
  • Ketuk dan tahan opsi Matikan hingga berubah ke Mode Aman.
  • Ketuk ikon Safe mode untuk memulai ulang perangkat Anda.
  • Setelah reboot berhasil, Anda akan melihat mode Safe mode ’di sudut kiri bawah layar.
  • Jika ponsel berfungsi dengan baik saat dalam safe mode, berarti ada aplikasi yang menyebabkan masalah. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyelidiki lebih lanjut:
  • Nyalakan kembali ponsel Anda secara normal untuk mem-boot ke mode standar.
  • Ingat aplikasi yang Anda instal tentang waktu ketika ponsel mulai membeku.
  • Setelah Anda memiliki aplikasi dalam pikiran, geser ke bawah dari atas layar untuk menarik panel notifikasi ke bawah.
  • Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Gulir ke lalu ketuk Aplikasi.
  • Temukan dan ketuk aplikasi yang dicurigai.
  • Ketuk Penyimpanan.
  • Sentuh Hapus data dan ketuk OK untuk mengonfirmasi.
  • Ketuk tombol kembali sekali dan kemudian sentuh Uninstall.
  • Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus aplikasi dari ponsel Anda.
Di sisi lain, jika perangkat Anda tetap beku bahkan dalam mode aman, maka beralih ke solusi berikutnya.

3. Reset semua pengaturan Samsung A30

Sebelum memecahkan masalah firmware, singkirkan kemungkinan bahwa masalah ini hanya disebabkan oleh beberapa pengaturan yang salah. Untuk melakukan ini, Anda harus mengatur ulang semua pengaturan di perangkat Anda. Ini akan mengembalikan ponsel ke pengaturan default pabrik tanpa menghapus file dan data pribadi Anda. Inilah cara melakukannya di Galaxy A30 Anda:
  • Geser ke bawah dari atas layar untuk menarik panel notifikasi ke bawah.
  • Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Gulir ke dan ketuk Manajemen umum.
  • Sentuh Reset.
  • Ketuk Atur ulang pengaturan.
  • Ketuk tombol Reset pengaturan.
  • Jika diminta, masukkan PIN, Kata Sandi atau Pola Anda.
Akhirnya, ketuk Atur Ulang.

Setelah ini dan telepon Anda tetap beku, lanjutkan ke solusi berikutnya.

4. Hapus partisi cache untuk memperbaiki ponsel yang terus beku

Dengan menghapus partisi cache telepon Anda, Anda mengesampingkan kemungkinan bahwa masalah ini disebabkan oleh beberapa cache sistem yang rusak. Cache sistem terdiri dari ratusan file kecil yang digunakan oleh firmware untuk membuat ponsel Anda berjalan lancar setelah boot pertama. Namun, ada saat file-file ini rusak. Anda perlu menghapus cache lama sehingga akan diganti dengan yang baru. Inilah cara Anda melakukannya:
  • Matikan perangkat.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan Daya.
  • Saat logo Galaxy A10 muncul, lepaskan ketiga kunci.
  • Galaxy A10 Anda akan terus boot ke Mode Pemulihan. Setelah Anda melihat layar hitam dengan teks biru dan kuning, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tekan tombol Volume turun beberapa kali untuk menyorot menghapus partisi cache.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Tekan tombol Volume turun untuk menyorot ya, dan tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Ketika partisi cache dihapus, sistem Reboot sekarang disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memulai ulang perangkat.
  • Setelah ponsel berhasil reboot, coba lihat apakah ponsel Anda tetap beku dan jika demikian, maka solusi selanjutnya perlu dilakukan.
5 Cadangkan file Anda dan reset ponsel Anda

Master reset akan memperbaiki masalah firmware asalkan firmware belum dimodifikasi dengan cara apa pun. Sebelum reset, pastikan untuk membuat salinan file dan data penting Anda karena akan dihapus dan Anda mungkin tidak dapat memulihkannya setelah itu. Setelah pencadangan, hapus akun Google dan Samsung Anda lalu ikuti langkah-langkah ini:

Matikan perangkat.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan Daya.
  • Saat logo Galaxy A10 muncul, lepaskan ketiga kunci.
  • Galaxy A10 Anda akan terus boot ke Mode Pemulihan. Setelah Anda melihat layar hitam dengan teks biru dan kuning, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tekan tombol Volume bawah beberapa kali untuk menyoroti ‘Delete data / factory reset'.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Tekan tombol Volume turun sampai ‘Ya’ disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih dan memulai reset master.
  • Ketika master reset selesai, 'Reboot sistem sekarang' disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memulai ulang perangkat.
Kami berharap panduan ini bisa bermanfaat untuk Anda agar permasalahan Samsung A30 tidak responsive, ngehang atau membeku. Kami akan sangat menghargai Anda jika Anda bagikan panduan bermanfaat ini ke teman dan keluarga Anda lewat media sosial.

Tidak ada komentar